Nasional

Gunung Semeru Erupsi, Pengiriman Pisang ke Bali Terhenti

INDOPOSCO.ID – Erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang terjadi, Sabtu (4/12/2021) pukul 16.00 WIB kemarin, tidak hanya meluluh lantakan sejumlah perkampungan penduduk, dan terputusnya akses jalan Lumajang-Malang,

Namun, juga berdampak terhadap pengiriman pisang dari daerah tersebut ke pulau Bali. Selama ini Lumajang dikenal sebagai daerah sentra pisang dari Gunung Tengung yang dipasok ke berbagai kota di Jawa Timur dan Bali.

”Hari ini tidak ada satupun kendaraan truk yang membawa pisang dari Lumajang masuk ke Bali,” ujar Ahmadi, seorang pedagang pisang di pasar Anyar Denpasar kepada INDOPOSCO melalui sambungan telepon, Minggu (5/12/2021).

Baca Juga : Korban Jiwa Letusan Gunung Semeru Satu Orang

Menurut Ahmadi, biasanya setiap hari sedikitnya ada 50 truk Colt Diesel yang mengangkut pisang dari Gunung Tengung, Lamajang yang masuk ke Bali untuk memenuhi kebutuhan pisang di sejumlah daerah di Bali, seperti pasar Badung, Pasar Anyar dan Tabanan.

Ia memperkirakan, Bali beberapa bulan ke depan akan mengalami krisis pisang, mengingat selama ini pasokan terbesar pisang berasal dari Lumajang dan Malang. ”Karena pohon pisangnya juga banyak yang mati akibat meletusnya Gunung Semeru,” cetusnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button