Nasional

Menteri Teten Ajak HPDKI Bangun Korporatisasi Peternak Domba-Kambing Berbasis Koperasi

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menyebutkan bahwa wilayahnya memiliki banyak potensi pertanian dan peternakan yang bisa dikembangkan, selain sektor pariwisata.

“Kita banyak potensi, dengan ketersediaan lahan yang juga banyak. Termasuk lahan milik Perhutani. Ini bisa dibangun untuk pengembangan sektor pertanian dan peternakan di Banten,” kata Andika.

Andika menambahkan, setiap Hari Raya Idul Qurban, Banten membutuhkan sekitar 60 ribu ekor domba dan kambing. Namun, Banten baru bisa memproduksi 20 ribu ekor saja, sisanya banyak dipasok dari Jawa Barat.

“Artinya, peluang ternak domba dan kambing masih sangat terbuka. Kita akan mensinkronkan program pengembangan peternakan, khususnya domba dan kambing, dengan HPDKI,” tukas Andika.

Alternatif Protein

Sementara itu, Ketua DPP Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Yudi Guntara Noor mengatakan bahwa tantangan organisasi ke depan akan sangat berbeda. Oleh karena itu, jajaran pengurus akan merevitalisasi peran HPDKI.

“Pertumbuhan DPC HPDKI meningkat dua kali lipat hingga sekarang berjumlah 132 di banyak kabupaten dan kota di Indonesia. Artinya, animo beternak domba dan kambing terus meningkat,” kata Yudi.

Selain itu, Yudi juga akan terus mendorong daging domba dan kambing menjadi alternatif protein daging bagi asupan masyarakat, di samping daging ayam dan sapi.

“Kita akan terus kampanyakan bahwa daging domba dan kambing itu menyehatkan. Tidak seperti yang dipahami masyarakat selama ini. Itu amanat dari Presiden Jokowi,” ungkap Yudi.

Amanat presiden lainnya, lanjut Yudi, menjadikan peternakan domba dan kambing sebagai penggerak roda perekonomian di desa-desa.

“Amanat Presiden Jokowi lainnya adalah membangun korporatisasi peternakan rakyat agar lebih efisien dan produktif. Tapi, dimiliki peternak rakyat, bukan korporasi besar. Termasuk mengembangkan peternak milenial,” pungkas Yudi. (adv)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button