Nasional

Menaker: Kepala Daerah Harus Patuh PP 36/2021 Tentang Pengupahan

INDOPOSCO.ID – Pengaturan tentang pengupahan masih tetap berlaku. Hal ini seperti dinyatakan oleh MK, bahwa UU Cipta Kerja masih berlaku. Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah di Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Ida mengatakan, bahwa peraturan pelaksanaan klaster ketenagakerjaan yang menjadi mandat UU Cipta Kerja telah selesai dan diterbitkan sebelum putusan MK diumumkan. Sehingga, proses pengambilan kebijakan ketenagakerjaan harus tunduk pada aturan tersebut

“Oleh karenanya, saya kembali meminta kepada semua pihak khususnya para Kepala Daerah untuk mengikuti ketentuan pengupahan sebagaimana diatur dalam PP 36/2021. Saya juga mengingatkan bahwa dalam PP tersebut tidak hanya mengatur tentang UM saja, tetapi juga terkandung aturan struktur dan skala upah yang harus diimplementasikan oleh pengusaha,” terangnya.

Ia menerangkan, UM merupakan instrumen jaring pengaman bagi pekerja yang tidak boleh dibayarkan upahnya di bawah nilai UM yang berlaku pada satu wilayah. UM juga hanya berlaku bagi pekerja dengan masa kerja maksimal 12 bulan.

Baca Juga: Menaker: Generasi Muda Harus Perkuat Literasi Digital

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button