Nasional

Sinergi KemenKopUKM Usung Gernas BBI Perkuat Transformasi Digital UMKM di Maluku

“Yang pasti, Gernas Bangga Buatan Indonesia atau BBI merupakan salah satu program nasional dalam mengakselerasi transformasi digital UMKM Indonesia,” tandas Teten.

Sejak diinisiasi pada Mei 2020, Gernas BBI sudah menghantarkan total 8,4juta pelaku UMKM hadir dalam ekosistem digital. “Ini artinya tumbuh 100% lebih dalam waktu 1.5 tahun,” imbuh MenKopUKM.

Teten menambahkan, akselerasi transformasi digital UMKM sangat krusial, karena diproyeksikan kekuatan ekonomi digital Indonesia akan bertumbuh 8 kali hingga mencapai Rp4.531 triliun.

“Transformasi digital UMKM secara utuh, pendekatan dari hulu ke hilir, menjadi keniscayaan agar ekonomi digital dapat dimanfaatkan untuk sepenuh-penuhnya kesejahteraan masyarakat,” jelas Teten.

Untuk itu, Teten menyebutkan bahwa digitalisasi harus hadir bersama inovasi model bisnis, kemitraan strategis dengan ragam pihak, pendampingan yang berkelanjutan, hingga value creation dari produknya yang relevan dengan permintaan pasar terkini. Sehingga, utuh menjelma menjadi usaha yang kuat, UKM masa depan Indonesia.

“Harapan saya, Gernas BBI Maluku ini dapat menjadi katalis transformasi digital UMKM, khususnya di wilayah Timur, menjadi role-model sinergi dan kolaborasi dan inovasi dari UMKM kebanggaan Indonesia,” pungkas MenKopUKM. (adv)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button