Nasional

Mentan Ajak Petani Milenial Perkuat Kedaulatan Pangan

“Kalau kita mau menjadi pejuang, kita harus membuat kebaikan bagi bangsa ini. Kedua, kita harus bersemangat melakukan sesuatu, apalagi kita ini menyediakan makan bagi banyak orang, jadi tidak boleh mundur,” ujarnya.

Secara geografis, lanjutnya, Indonesia merupakan negara besar yang memiliki hamparan luas lahan subur. Juga merupakan negara penghasil produk pertanian berkualitas yang dibutuhkan banyak negara.

“Kalau begitu pekerjaan ini hebat. Pekerjaan ini ada jaminan Tuhan. Kita sudah punya modal alam yang subur, air yang cukup, matahari yang bersinar dan udara yang bagus. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya,” pungkasnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi menjelaskan, kedaulatan pangan bisa dijaga dengan maksimal apabila didukung SDM berkualitas.

“Oleh karena itu, kita terus berupaya mencetak SDM berkualitas, baik penyuluh, petani, kelompok tani, Gapoktan maupun petani milenial,” katanya.

Menurut Dedi, SDM memegang peranan penting untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Faktor pengungkit utama dalam peningkatan produktivitas adalah SDM. “Jika kita ingin pembangunan pertanian maksimal, maka maksimalkan dahulu SDM-nya,” tandasnya. (ibs)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button