Nasional

Percepatan Realisasi Program Energi Baru Terbarukan Didukung Aprobi-Apical Group

”Negara ini sangat kaya akan minyak nabati, terutama minyak kelapa sawit. Perkebunan kelapa sawit Indonesia yang seluas 14,8 juta hectare (ha) masih dapat ditingkatkan produktivitasnya sehingga produksi minyak sawit 2020 melebihi 50 juta ton masih sangat memungkinkan ditingkatkan dengan luasan lahan yang sama, sehingga program biodiesel baik B30, B40, ataupun B50 sekalipun dapat didukung oleh perkebunan kelapa sawit nasional,” katanya dalam Daily Seminar, ‘Multiple Pathway to Reduce CO2 Emission in Transportation Sector’ di GIIAS di ICE BSD City, Tangerang, belum lama ini.

Jummy menambahkan, percepatan program realisasi program energi baru terbarukan ini perlu disokong oleh kesiapan dari para pemangku kepentingan baik Pemerintah, sektor swasta dan tentunya dukungan para petani sawit kita untuk lebih berinovasi untuk meningkatkan produktivitas dan menghasilkan produk sawit yang memiliki nilai tambah yang tinggi.

Sebagai salah satu perusahaan terbesar yang mengolah biodiesel, Apical Group saat ini memiliki kapasitas 2.3 juta Kiloliter per tahun 2021, turut berperan dalam kontribusi energi baru terbarukan di Indonesia.

”Arahan dari Presiden Joko Widodo dalam UN Climate Change Conference (COP26) di Glasgow sangat jelas, yaitu bahwa Indonesia akan mendorong peningkatan produksi biodiesel, dan dalam hal ini Apical Group sudah bersiap diri dalam meningkatkan produksinya agar mampu memenuhi kebutuhan pasar,” tambah Jummy.

Dalam kesempatan yang sama, Jummy juga menyebut peran biodiesel sangat besar dalam pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan keamanan energi. Pada 2020, biodiesel berkontribusi mengurangi emisi 22.48 juta ton CO2 ekuivalen dan diperkirakan akhir 2021 berkontirbusi mengurangi emisi 25.4 juta ton CO2 ekuivalen. Di tahun yang sama, biodiesel juga berkontribusi sekitar 7,8 persen terhadap target energi penurunan emisi GRK sebagai Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia pada 2030. (aro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button