Nasional

Modal Kerja Cair Nelayan Kecil dan Menengah Sumringah

LPMUKP sendiri termasuk dalam rumpun BLU Pengelola Dana. Secara keseluruhan, terdapat 252 BLU di bawah 21 Kementerian/Lembaga di Indonesia yang terdiri dari rumpun Kesehatan (107), Pendidikan (106), Pengelola Dana (10), Pengelola Kawasan (5), dan Penyedia Barang/Jasa Lainnya (23).

Selain talkshow, BLU-BLU tersebut juga tampil dalam expo virtual yang dapat dikunjungi melalui https://e-blu.id dimana LPMUKP berada pada hall b nomor 51 atau bisa mencarinya melalui menu pilih exhibitor ketika telah login ke expo virtual tersebut.

Expo tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan sinergi antar BLU se-Indonesia sehingga dapat memulihkan ekonomi nasional. Terlebih dalam hal ini, untuk mendorong UMKM semakin naik kelas sehingga dapat meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Sebagai informasi, kontribusi PNBP BLU terus meningkat dengan rerata pertumbuhan 22%, lebih besar dari PNBP Nasional 4% dan kontribusi PNBP atas laba BUMN 9,1%.

Di akhir sesi, Syahrial mengajak agar pelaku usaha kelautan dan perikanan yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi pendamping di daerah. “Mereka terdapat di kantor dinas, kantor penyuluh, atau UPT biasanya. Tentu kami berharap sesuai tagline kami, LPMUKP dapat menjadi solusi modal usaha kelautan dan perikanan,” pungkasnya.

Senada dengan himbauan Syahrial, salah satu debitur LPMUKP, Achmad Ridwan mengakui dana bergulir yang digelontorkan sangat menolong, baik nelayan dan pengusaha Kecil. Pasalnya, kesulitan yang dialami nelayan bukan saja tidak memiliki modal melaut, tapi juga pemasaran.

“Modal kerja yang kita pinjam dari LPMUKP tidak saja menolong kami selaku pengusaha. Tapi dampak yang paling terlihat di nelayan, ikannya kami beli tunai, sehingga untuk modal melaut mereka tidak perlu berhutang lagi,” akunya, seraya mengungkapkan modal kerja cair, nelayan pasti tersenyumsumringah karena ikannya dibeli dengan harga yang wajar dan tidak pakai partai tunda. (ney)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button