Nasional

Dua Tersangka Kasus Suap di HSU Siap Diadili di PN Banjarmasin

INDOPOSCO.ID – Berkas perkara tersangka Fachriadi (FH) dan Marhaini (MRH) dalam kasus tindak pidana korupsi suap pengadaan barang dam jasa di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 2021-2022, dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).
“Hari ini (19/11/2021) tim jaksa telah melimpahkan berkas perkara terdakwa Fachriadi dan terdakwa  Marhaini ke Pengadilan Tipikor pada PN (Pengadilan Negeri)  Banjarmasin,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Jumat (19/11/2021).
Ali mengatakan penahanan telah menjadi kewenangan Pengadilan Tipikor dan tempat penahanan para terdakwa selama proses persidangan dititipkan pada Lapas Klas IIA Banjarmasin.
“Tim jaksa selanjutnya menunggu penetapan penunjukkan majelis hakim dan penetapan hari sidang dengan agenda awal pembacaan surat dakwaan,” kata Ali.
Para terdakwa masing-masing didakwa dengan dakwaan, pertama: Pasal 5 ayat (1) huruf a UU Tipikor Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP; atau kedua: Pasal 13 UU Tipikor Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.
Untuk diketahui, perkara ini berawal dari kegiatan tangkap tangan oleh tim KPK pada  15 September 2021 di HSU, Kalsel. KPK menetapkan beberapa pihak sebagai tersangka, yaitu MK (Maliki) Plt. Kadis PU pada Dinas PUPR Kabupaten Hulu Sungai Utara sekaligus Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Kuasa Penggunaan Anggaran (KPA);  MRH (Marhaini) swasta /Direktur CV Hanamas dan FH (Fachriadi) swasta/Direktur CV Kalpataru. (dam)

Sponsored Content
Back to top button