Nasional

LPDB-KUMKM, BLU Garda Terdepan Pemulihan Ekonomi Nasional

Tersalurkan Tepat Sasaran

Supomo memaparkan, terdapat beberapa contoh penyaluran dana bergulir dari LPDB-KUMKM yang tepat sasaran dan memerikan dampak ekonomi yang luas. “Sebagai contoh kami menyalurkan kepada Koperasi Baitul Qiradh Baburrayyan di Takengon, Kabupaten Aceh, Tengah Provinsi Aceh, sebesar Rp10 miliar.

Baca Juga : Sinergi LPDB-KUMKM dan Perbankan Percepat Rekonsiliasi Data Rekening Dana Bergulir

Merupakan koperasi yang bergerak dalam bidang sektor riil, yaitu bidang processing atau mengolah biji kopi dari awal pemetikan hingga pengeringan, juga bidang perdagangan kopi,” jelas Supomo.

Saat ini, jumlah anggota mencapai 4.260 petani kopi organik dengan luas lahan seluas 5.590 hektare yang tersebar di dua kabupaten, yaitu di Kabupaten Aceh Tengah dengan 3.064 anggota dan luas lahan 3.509 hektare, serta di Kabupaten Bener Meriah dengan 1.196 anggota yng memiliki lahan seluas 2.079 hektare.

“Dengan pembiayaan ini Koperasi Baitul Qiradh (KBQ) Baburrayyan terus menjalankan usahanya, dan melayani anggotanya yang merupakan petani kopi, dan melakukan ekspor kopi ke Amerika. Salah satu pasar ekspor kopi KBQ Baburrayyan adalah Starbucks Coffee Company yang berkantor pusat di Seattle, AS,” papar Supomo.

Tercatat, hingga 17 November 2021 LPDB-KUMKM telah melakukan penyaluran dana bergulir sebesar Rp1,294 triliun, dengan komposisi penyaluran kepada koperasi konvensional sebesar Rp669 Miliar, dan koperasi syariah sebesar Rp624 Miliar.

Sementara itu, dengan hadirnya LPDB-KUMKM dalam gelaran BLU Expo 2021 dapat meningkatkan kerja sama dan sinergi program antar BLU di Indonesia, guna memberikan dampak pada perekonomian nasional.

BLU EXPO tahun 2021 diharapkan menjadi sarana promosi produk dan layanan BLU kepada masyarakat serta mendapatkan calon mitra usaha.

Sesuai dengan tema BLU EXPO 2021 “BLU Berstrategi Pulihkan Ekonomi” BLU diharapkan memikirkan strategi baru yang tidak business as usual dalam memberikan layanan kepada masyarakat khususnya dalam menghadapi kondisi extraordinary seperti saat ini.

Dengan fleksibilitas yang dimiliki, BLU diharapkan mampu memberikan dampak peningkatan kinerja layanan dan keuangan yang siginifikan. (arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button