Nasional

Membumikan Pertanian Organik, Pulihkan Kerusakan Tanah

“Industri kompos rakyat ini berbasis kawasan dan kelompok pengguna termasuk desa organik. Pengembangan industri ini melalui insentif pembangunan rumah kompos dan bantuan usaha peternakan,” katanya.

Tak hanya itu, ia juga merekomendasikan kepada pemerintah untuk melakukan relokasi dana subsidi pupuk yang selama ini untuk pupuk non organik. Ini bisa dialihkan untuk bantuan pembangunan industri pupuk organik. Selain itu dana ini juga bisa dialihkan untuk bantuan pembangunan ternak berbasis kelompok pengguna.

Sementara, Ketua Panitia Kongres V Maporina, Hendriyanto mengatakan, Maporina menyelenggarakan kongres ini dengan menggunakan protokol kesehatan (prokes) yang ketat dalam rangka mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19.

“Kongres Maporina kali ini mengangkat tema yang disesuaikan dengan kondisi pandemi, yaitu ‘Gaya Hidup Organik, untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Terhadap Covid 19’,” tuturnya.

Untuk Itu, Hendriyanto mengharapkan kerja sama dari seluruh peserta kongres yang jumlahnya juga dibatasi dan sudah divaksin semua.

“Selamat kongres. Tetap jaga protokol kesehatan,” pungkasnya. (arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button