Nasional

Sejarah Serangan 1 Maret 1949, TNI dan Rakyat Mengusai 6 Jam

Kala itu, Sultan kemudian berkirim surat ke Panglima Sudirman untuk melakukan Serangan Umum untuk mengusir Belanda. “TNI dan lascar rakyat berhasil menguasai Yogyakarta selama 6 Jam,” ucapnya bertutur mengutip sejarah.

Meski hanya 6 jam, namun menurutnya manfaatnya terasa lebih dari 75 tahun hingga saat ini. Serangan itu efektif mematahkan argumentasi Belanda ke dunia internasional bahwa Indonesia sudah tidak ada dan tidak berjalan efektif.

Hal itu sekaligus merupakan pembuktian ke Internasional bahwa Indonesia masih ada, bahwa Belanda melakukan agresi bukan sekedar aksi polisional semata.

Berita Terkait

“Sekarang mungkin ancaman militer sudah jauh berkurang, tapi bisa jadi suatu saat terjadi, seperti gejolak yang terjadi di Asia, kemudian juga ada ancaman dalam bentuk lain,” ujarnya.

“Ini semua cuma bisa kita hadapi dengan sinergi dan kerjasama antar elemen bangsa,” tambah mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Maka itu eksistensi Indonesia perlu dijaga, dan perlu mematri kebanggaan bahwa Indonesia adalah bangsa yang memproklamirkan sendiri kemerdekaannya, bukan hadiah dari penjajah. (dan)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button