Nasional

Gandeng Aparat Penegak Hukum Lain, Bea Cukai Optimalkan Sinergi Pengawasan

Dalam sosialisasi ini, Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Atambua, Wilfridus Wila Kuji menjelaskan peran dan fungsi Bea Cukai di perbatasan. “Wilayah pengawasan yang luas meliputi empat kabupaten di perbatasan yaitu Belu, Malaka, TTU, dan Alor, menjadikan Bea Cukai Atambua memiliki tugas yang sangat penting dalam menjaga wilayah Indonesia dari masuknya barang-barang berbahaya bagi masyarakat,” tuturnya.

Dikatakan Wilfridus Wila Kuji bahwa banyaknya pintu masuk dan jalur tidak resmi perlintasan orang di perbatasan menjadi titik rawan terjadinya kegiatan penyelundupan. Dibutuhkan adanya pengawasan yang efektif melalui peningkatan sinergi dan kerja sama antar semua komponen yang ada, baik dari instansi yang ada di perbatasan maupun masyarakat.

Bersinergi memperkuat fungsi pengawasan juga dilakukan Bea Cukai Purwokerto yang melakukan kunjungan ke Polresta Banyumas. Kegiatan dilaksanakan sebagai bentuk sinergi Bea Cukai dengan Polres dalam upaya penegakan hukum yang berkaitan dengan tindak pidana kepabeanan dan cukai, sekaligus sebagai perkenalan Kepala Bea Cukai Purwokerto yang baru, Erry Prasetyanto.

“Saya sangat mengapresiasi sambutan dari pihak Polresta Banyumas dan berterima kasih atas sinergi yang telah terjalin selama ini. Harapannya tentu agar sinergi pengawasan dapat kita tingkatkan hingga dapat menekan angka pelanggaran hukum di bidang kepabeanan dan cukai,” pungkas Erry dalam kegiatan kunjungan. (ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button