Nasional

Survei HCC: 56,6 Persen Orang Taat Prokes Karena Takut Melihat Pemberitaan Covid-19

“Artinya adalah, pengalaman sebagai penyintas atau pernah kontak erat atau pengalaman menyaksikan anggota keluarga yang menderita Covid-19, menjadikan responden lebih baik dan ketat dalam melakukan perilaku pencegahan,” kata Ray.

Baca Juga : World Superbike di Mandalika Dapat Jadi Acuan Dalam Penerapan Prokes

Menurut Ray, keputusan yang diambil seseorang melakukan vaksinasi merupakan keputusan yang dijalani dengan rasional sehingga para responden itu cenderung akan lebih berhati-hati, waspada, atau khawatir terhadap penularan Covid-19.

“Ada beberapa aspek yang menurut mereka menjadi pemicu mengapa mereka khawatir, itu ternyata datang dari aspek pemberitaan,” tuturnya.

Survei HCC menunjukkan 39,7 persen responden merasa takut dan 16,9 persen sangat takut terhadap Covid-19 yang didapatkan melalui pemberitaan sehingga dapat membantu mereka lebih taat menerapkan prokes.

“Jadi mereka melihat seperti gelombang kedua banyak yang tidak terselamatkan, kemudian rumah sakit penuh, nakes banyak yang kewalahan, ternyata ini menyetir para responden ini lebih waspada, khawatir, dan lebih menerapkan perilaku pencegahan Covid-19 lebih baik,” kata Ray. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button