Nasional

Vaksin Tifoid Bisa Didapatkan Tiga Tahun Sekali

INDOPOSCO.ID – Vaksin untuk mencegah terkena demam tifoid diserahkan satu dosis dan diulang setiap 3 tahun sekali, tutur dokter spesialis penyakit dalam sekaligus Wakil Sekretaris Jenderal Perhimpunan Alergi dan Imunologi Indonesia, dr.Suzy Maria,Sp.PD,K-AI.

Vaksin untuk demam tifoid yang saat ini ada diperuntukkan untuk anak usia 2 tahun ke atas karena pembuatan antobodi terjadi dengan baik pada usia itu.
“Satu dosis perlidungan selama 3 tahun. Vaksinasi diulang setiap 3 tahun sekali,” ucap Suzy dalam konferensi daring tentang tifoid, ditulis Jumat (12/11/2021).

Vaksin tifoid aman dipakai dengan efek simpang yang hampir tidak ada. Walaupun begitu, terkadang sebagian orang merasakan efek dengan tingkat yang bisa ditoleransi seperti rasa pegal di daerah bekas suntikan, tubuh tidak merasa lezat dan demam ringan.

Suzy mengatakan, seorang bisa mendapatkan vaksin di rumah sakit besar atau klinik yang sediakan vaksin umum. Suntikan vaksin dianjurkan sela waktu satu bulan sebelum atau setelah vaksin Covid-19.
“Yakinkan vaksinnya ada, baru kita bisa datang (ke klinik atau rumah sakit). Nanti diberikan kartu vaksin, ada catatan kapan harus diulang,” tutur dia, seperti dikutip Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button