Nasional

Ruangguru Luncurkan Ruang Literasi Digital Dukung Program Roadmap Transformasi Digital

Google menyebut Indonesia sebagai negara dengan permintaan penghapusan konten terbanyak karena isinya yang dinilai melanggar peraturan pemerintah. Sedangkan Microsoft menyatakan Indonesia sebagai negara dengan kesopanan digital terburuk di Asia Tenggara berdasarkan dua faktor utama; hoaks dan penipuan.

Kepala Kebijakan Publik Ruangguru, Amri Ilmma mengatakan, “Melihat data-data yang menunjukkan kurangnya literasi digital yang mumpuni untuk masyarakat, Ruangguru meluncurkan platform belajar daring Ruang Literasi Digital sebagai upaya mendukung percepatan pemahaman literasi digital pada masyarakat Indonesia. Platform belajar daring ini memberikan panduan belajar cerdas dalam mengoperasikan teknologi digital untuk meningkatkan kecakapan dalam bermedia di ruang digital. Melalui 50 video edukatif yang mudah dicerna dan dapat diakses secara gratis oleh masyarakat Indonesia, kami berupaya mengedukasi lebih dari 1 juta siswa, guru, dan masyarakat umum lainnya sepanjang program ini berjalan.”

Dalam mengembangkan dan memproduksi konten, Ruangguru berpegang pada 4 pilar untuk menunjang literasi digital, yakni:
1. Cakap Bermedia Digital
2. Aman Bermedia Digital
3. Etis Bermedia Digital
4. Berbudaya dalam Bermedia Digital

Lebih dari itu, materi konten disajikan dengan berbagai ide terkini dalam bentuk animasi yang diproduksi secara kreatif dan interaktif bagi penonton, serta didukung dengan rangkuman infografis di seluruh video untuk memudahkan pengguna memahami materi secara lebih efektif. Seluruh konten tersebut, dapat diakses secara gratis dan terbuka untuk seluruh masyarakat umum di berbagai kalangan mulai dari siswa, guru, orang tua, komunitas sosial, dan sebagainya.

Tingginya penetrasi internet yang belum didukung dengan pemahaman masyarakat yang mumpuni turut menjadi perhatian banyak pihak.

Duta Belajar Ruangguru, Nicholas Saputra mengatakan, “Saat ini internet sudah dapat dikategorikan sebagai kebutuhan pokok masyarakat. Namun cepatnya perkembangan teknologi digital perlu diimbangi dengan kecakapan digital agar ruang digital dapat dinikmati secara aman dan nyaman oleh seluruh masyarakat. Karena itu, cerdas digital adalah hal yang penting untuk terus diupayakan. Saya yakin Ruangguru adalah mitra yang tepat untuk menjangkau masyarakat Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. (srv)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button