Nasional

Konsumsi Ikan Dapat Tunjang Kualitas SDM Indonesia

Sementara itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus menggencarkan kampanye makan ikan guna mendorong pemenuhan protein masyarakat sekaligus memakmurkan nelayan dan pembudi daya.

Contohnya, KKP bersama, Himpunan Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor(HAC IPB), Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan menggelar Festival Ikan Nusantara(FINA) 2021 dengan tema”Ikan, Masa Saat ini dan Masa Depan Kita” dan berjalan pada 9-25 November 2021 secara hibrid.
“Kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat Indonesia meningkatkan produksi dan konsumsi ikan sekaligus memperingati Hari Ikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 21 November,” ujar Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Artati Widiarti.

Artati mengatakan, potensi kekal sumber daya ikan nasional sebesar 12,54 juta ton/tahun dari perikanan umum dan laut, belum termasuk perikanan budidaya. Kelimpahan sumber daya ikan tersebut ditaksir dapat didayagunakan sebagai penggerak ekonomi nasional, penyedia lapangan kerja, penghasil devisa serta menjadi sumber pangan dan gizi nasional.

Dikatakannya, sejak 2004 KKP telah melaksanakan Program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan(Gemarikan) yang bermaksud meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Indonesia dalam rangka mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia dan sekaligus memantapkan pasar domestik hasil perikanan Indonesia.

Dalam kemajuannya, program Gemarikan menjadi lebih intensif dengan diadopsinya pada program prioritas lainnya, seperti Program Percepatan Penurunan Stunting, Program Penanganan Darurat Bencana, dan Program Penanganan Dampak Covid-19 serta Program Peningkatan Imunitas dalam rangka menghadapi pandemi.(mg4)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button