Nasional

Kabupaten Serang Jadi Daerah Percontohan Penekanan AKI Oleh Kemendagri

INDOPOSCO.ID – Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI), memilih Kabupaten Serang menjadi kabupaten percontohan (pilot project) untuk program penekanan Angka Kematian Ibu (AKI).

Kabupaten Serang adalah satu dari 204 daerah yang masih tinggi untuk kasus AKI.

“Maksud kedatangan kami untuk sosialisasi pengembangan model perencanaan dan penganggaran terintergrasi kesehatan reproduksi untuk penurunan angka kematian ibu (AKI),” ujar Direktur Sinkronisasi urusan Pemda IV Direktur Jendral (Dirjen) Bina Bangsa Kemendagri, Zanariah saat sosialisasi di Aula KH. Syam’un, Kamis (11/11/2021).

Dikatakan Zanariah, Advokasi kepada kepala daerah dalam mengimplementasikan model perencanaan dan penganggaran kesehatan reproduksi terintegrasi di tingkat kabupaten program kerjasama Pemerintah RI-United Nations Population Fund (UNFPA) Siklus ke-10 (2021-2025).

“Jadi ini suatu program pemerintah pusat untuk mendorong daerah-daerah yang AKI-nya tinggi melalui penyehatan reproduksi kesehatan bagi ibu, ujungnya program ini untuk penurunan angka kematian ibu,” terangnya.

Usai berdiskusi, Zanariah menjelaskan, program Pemerintah Pusat bekerjasama dengan UNFPA Siklus ke-10 (2021-2025) ini dengan sasaran sebanyak 204 daerah dimana untuk AKI masih tinggi berdasarkan data dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes). Dari 204 daerah dilakukan penyaringan turun menjadi sembilan (9) daerah salah satunya Kabupaten Serang.

“Sembilan daerah ini kami tawari minat atau tidak untuk program ini sebagai pilot project penurunan AKI. Nanti hasil dari pendampingan kita melalui program kerjasama bantuan penanganan AKI, Kabupaten Serang jadi model untuk daerah lain,” katanya.

Pada intinya, sebut Zanariah, untuk saat ini pihaknya melakukan perkenalan atau sosialisasi bahwa Kabupaten Serang terpilih sebagai pilot project harus siap untuk melaksanakan program tersebut secara benar-benar, fokus dengan lintas sektor OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Kabupaten Serang.

“Saya berterima kasih dan mengapresiasi Bupati dan Wakil Bupati Serang meski tidak pada advokasi ini namun teman-teman OPD bersama jajaran menerima tim pusat hari ini untuk persiapan-persiapan, sehingga nanti program ini berhasil dan menjadi contoh daerah lain,” ungkap Zanariah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button