Nasional

Ijtima Ulama Berikan Solusi bagi Anak Bangsa

Posisi fatwa, kata dia, memang tidak mengikat. Tetapi, apabila fatwa ini sudah disepakati oleh para pimpinan dan pemegang makom maka menjadi sebuah kewajiban

“Wajibnya bukan dari fatwa itu sendiri, karena fatwa tidak iljam bagi syairnya, tapi fatwa akan menjadi ketentuan yang mengikat dari segi amrun kharij (kesepakatan-kesepakatan yang telah didapatkan),” kata dia.

Untuk itu, ia berharap majelis ini dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya oleh para ulama yang telah mempersiapkan dan menyanggupkan dirinya untuk menjalankan tanggung jawab.

‚ÄúSemoga pelaksanaan Ijtima Ulama, kumpulnya para ulama memberikan solusi. Hasil fatwa yang dihasilkan adalah fatwa yang damai, ini akan lebih kuat dan kokoh,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh menarangkan agenda Ijtima akan membahas berbagai persoalan strategis kebangsaan, masalah fikih kontemporer, serta masalah hukum dan perundangan-undangan.

Ada pula sub ulasan seperti kriteria penodaan agama, jihad dan khilafah dalam bingkai NKRI, bimbingan pemilu yang lebih arti, distribusi lahan untuk pemerataan dan kemaslahatan, masalah perpajakan, hingga pinjaman online.(mg4)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button