Nasional

UI Flying Car Masuk Finalis Kompetisi Mobil Terbang Internasional

UI Flying Car merupakan tim yang dibentuk dari riset terkait Urban Air Mobility (UAM) atau mobil terbang (flying car) pada tahun 2020 sebagai wujud kolaborasi mahasiswa yang memiliki ketertarikan dalam pengembangan riset UAM.

Di bawah bimbingan dosen Departemen Teknik Mesin FTUI, Dr. Ing. Mohammad Adhitya, S. T., M. Sc., tim UI Flying Car terdiri dari Muhamad Ilham Santoso (Ketua Tim), Mochamad Rifqi N. A., Yogasatya Adikhansa, Tristan Adhika, Khalfan Nadhief, dan Farhan Almasyhur.

Wakil Ketua tim Aeromodelling UI 2019-2020 Ilham Santoso mengatakan pada Teknofest 2021, Indonesia mendapatkan kehormatan sebagai Guest of Honor. Selain berkompetisi, tim dari UI juga berpartisipasi mengisi paviliun Indonesia dalam pameran dari kompetisi tersebut.

“Kami berharap keikutsertaan UI dalam Flying Car Design Competition, Teknofest 2021 ini menjadi salah satu titik pengembangan teknologi mobil terbang di Indonesia menjadi lebih baik ke depan,” ujar Ilham.

Produk mobil terbang rancangan UI Flying Car diberi nama Skylark. Skylark dirancang dengan konsep Hybrid Urban Air-Land Mobility. Skylark menggabungkan dua konsep kendaraan yang berbeda yaitu pesawat dan mobil, sehingga kendaraan ini memiliki sayap pesawat dan roda mobil.

Hal ini membuat Skylark ini dapat dikendarai di udara maupun di darat. Meski memiliki sayap, kendaraan ini dirancang untuk melakukan pendaratan vertical take-off landing (VTOL). (mg2)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button