Nasional

Penanaman Mangrove, Nelayan Harus Lebih Dilibatkan

Ketua DPP PKS ini merasa prihatin dengan kondisi hutan bakau di Indonesia yang terus mengalami kerusakan dan pengurangan luas lahan dengan kecepatan kerusakan mencapai 530.000 hektare per tahun sementara laju rehabilitasi hutan bakau masih sangat jauh lebih lambat dibanding laju kerusakannya.

“Saya mendorong Pemerintah untuk bekerja keras menjaga ekosistem hutan bakau secara ekologis dan ekonomis dengan pola kebijakan yang lebih ramah lingkungan dan peduli dengan kelestarian lingkungan dalam perencaan pembangunan nasional,” ucap Johan Rosihan.

Ia juga menyoroti kinerja pemerintah untuk mencapai target rehabilitasi hutan bakau (mangrove) yang baru mencapai 60 ribu hektar, yang dinilai sebagai bentuk target yang besar namun tidak didukung kebijakan anggaran yang memadai.

Johan mengemukakan, beberapa waktu lalu Presiden Jokowi telah meminta dukungan Internasional untuk mengejar target seluas 600 ribu hektar hingga 2024.

“Isu ini telah diangkat pada level bumi namun tidak diimplementasikan dalam wujud nyata berupa kebijakan yang lebih serius dan rendahnya dukungan APBN untuk program rehabilitasi hutan bakau ini,” paparnya. (mg2)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button