Nasional

Pengamat: Pertahanan Alutsista Konvensional dan Siber Jadi Tantangan Jenderal Andika

Merujuk undng-undang (UU), dikatakan dia, masa jabatan panglima TNI nanti cukup singkat, yakni hanya satu tahun. Maka Jenderal Andika tentu harus bisa menunjukkan dalam masa setahun nanti, dia tetap bisa berbuat banyak, melakukan perubahan positif dan mencatat prestasi.

“Ini tantangan yang harus dihadapi. Maka saya kira Andika harus memilih prioritas-prioritas yang harus dilakukan, agar masa yang singkat ini tidak berlalu begitu saja,” katanya.

Ia menyebut, pertahanan siber dan alutsista konvensional sama penting di era perkembangan teknologi. Mayoritas di antaranya memang bersifat non-militer. Maka penguatan pada penguasaan teknologi termasuk aspek yang penting. Apalagi perang di masa mendatang akan lebih bersifat proksi, asimetris dan hibrida.

“Berangkat dari asumsi itu, maka peran alutsista konvensional juga tak bisa diabaikan. Sebagai Panglima TNI yang memiliki tanggungjawab melakukan pembinaan kemampuan, kekuatan dan kesiapsiagaan, saya kira Andika harus menyiapkan hal ini dengan sebaik-sebaiknya,” ujarnya.(nas)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button