Nasional

Tahun 2050, Kemungkinan Ada 30 Spesies Primata Indonesia Punah

Ia juga menyoroti populasi komodo di Indonesia. Spesies komodo telah masuk dalam kategori terancam punah dalam daftar merah IUCN.

Ia menuturkan suatu penelitian pada 2020 menunjukkan dalam suatu skenario dengan aspek perubahan iklim, ada kemungkinan populasi komodo akan menurun pada 2050.

Selain di taman nasional, komodo juga tersebar di daratan Flores sehingga mereka harus dilindungi karena komodo sangat rentan terhadap perubahan dan kehilangan habitat. Komodo, kata dia, sensitif terhadap perubahan penggunaan lahan yang terjadi di habitat yang tidak dilindungi di Flores selama beberapa dekade terakhir.

Berita Terkait

Oleh karena itu, menurut Mirza. hilangnya habitat dan konversi atau alih fungsi lahan yang berkelanjutan dapat memperburuk perkiraan pengurangan populasi dan distribusi komodo di Flores Mirza mengatakan jika suhu naik, maka akan ada area yang lebih kering dan akan berdampak pada populasi amfibi dan reptil.

“Kita harus khawatir tentang apa yang akan terjadi pada satwa liar kita dalam kasus pemanasan global,” ujarnya.

Menurut dia, untuk melestarikan spesies, maka perlu harus memastikan untuk mengurangi dampak perubahan iklim dan menghentikan pemanasan global. “Jika tidak, kita tidak hanya akan kehilangan mata pencaharian kita, tetapi juga spesies kita,” kata Mirza.

IUCN adalah serikat keanggotaan yang terdiri dari pemerintah dan organisasi- organisasi masyarakat sipil. Lembaga internasional untuk konservasi alam itu memanfaatkan pengalaman, sumber daya, dan jangkauan lebih dari 1.400 organisasi anggotanya dan masukan dari lebih dari 18.000 pakar. (mg1)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button