Nasional

Penyampaian Informasi Covid-19 Perlu Pendekatan Sosial-Budaya

Tim Lintas Disiplin UI terdiri dari Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) meluncurkan Program Edukasi Covid-19: Mengenali Covid-19, Memantapkan Perilaku dan Mengendalikan Pandemi pada Rabu (27/10).

Persiapan penyusunan program inovasi ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta difasilitasi oleh Direktorat Inovasi dan Science Techno Park (DISTP) UI.

Edukasi Covid-19 ini merupakan program inovasi guna memperkaya pengetahuan dan memantapkan perilaku masyarakat menghadapi pandemi Covid-19.

Pada peluncuran program ini turut hadir Direktur Aplikasi, Permainan, TV dan Radio Kemenparekraf Syaifullah, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito.

Agar informasi dapat tersampaikan secara baik, Tim Lintas Disiplin UI mempersiapkan dua hal. Pertama, tim melengkapi acuan pengetahuan dengan glosari berisi penjelasan yang dapat dipahami orang awam non-medis. Kedua, tim menyiapkan visualisasi untuk “mengasatmatakan” virus dalam bentuk video yang berkaitan dengan cerita sehari-hari.

Untuk menyampaikan ke-2 hal tersebut agar dapat diterima oleh semua pihak, tim melaksanakan strategi dialog partisipatif, yakni komunikasi dua arah dengan peran pendamping. Metode yang digunakan adalah Training of Trainer (ToT) yang berlapis dan dapat direplikasikan ke seluruh Indonesia.

ToT tahap pertama dilakukan oleh tim lintas disiplin UI ke tim daerah, seperti pemerintah daerah atau pemangku kepentingan lainnya.

Kemudian, ToT tahap kedua dilakukan oleh tim daerah dengan kelompok-kelompok sasaran termasuk klaster seperti pariwisata, pendidikan dan semacamnya. (mg3)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button