Nasional

Kementerian PUPR Resmikan Rusun Ponpes Darul Fadhilah di Ketapang, Kalbar

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Perumahan meresmikan pembangunan rumah susun (Rusun) Pondok Pesantren Darul Fadhilah, di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat (Kalbar). Rusun yang dibangun dengan menggunakan dana APBN senilai Rp4 miliar tersebut didesain dengan ukuran mini, yakni hanya satu tower setinggi dua lantai namun dilengkapi dengan fasilitas meubelair sehingga mampu mendukung santri tinggal dengan aman dan nyaman selama menuntut ilmu di Ponpes tersebut.

“Rusun yang dibangun Kementerian PUPR merupakan salah satu wujud nyata perhatian pemerintah terhadap peningkatan kualitas pendidikan di pondok pesantren,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid di Jakarta, Jum’at (29/10/2021).

Dia menerangkan, para santri merupakan generasi muda Indonesia yang juga harus disiapkan untuk memiliki kemampuan dan daya saing di masa depan. Untuk itu, dengan pembangunan Rusun ini mereka bisa tinggal di hunian yang nyaman dan fasilitas yang baik sehingga fokus dalam menuntut ilmu selama mondok di Ponpes.

Pembangunan Rusun ini merupakan bagian dari pembangunan infrastruktur guna mendukung sarana pendidikan seperti hunian untuk kalangan santri di Ponpes.

“Kami telah melengkapi Rusun tersebut dengan berbagai fasilitas meubelair yang berkualitas baik. Kami harap para santri bisa tekun dan belajar dengan baik serta menjadi generasi penerus bangsa di masa depan,” katanya.

Peresmian Rusun di Kabupaten Ketapang saat ini telah diresmikan dan diserahterimakan pengelolaan serta penghuniannya dari Kementerian PUPR ke pihak Pondok Pesantren Darul Fadhilah. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Anggota Komisi V DPR RI, Boyman Harun, Wakil Bupati Ketapang, H. Farhan, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Kalimantan I, Andy Suganda, Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Barat, Irsan Basalamah serta Pengasuh Ponpes Darul Fadhilah Syech Quddus.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Kalimantan I, Andy Suganda, Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Barat, Irsan Basalamah menerangkan, pembangunan Ponpes Darul Fadhilah menelan biaya pembangunan sekitar Rp 4 Miliar. Rusun tersebut dibangun satu tower dengan ketinggian dua lantai dan didesain dengan model Rusun mini.

Rusun Ponpes Darul Fadhilah yang berlokasi di Kongsi 8, kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang saat ini juga telah dilengkapi sarana pendukung seperti meubelair antara lain tempat tidur tingkat, kasur, lemari pakaian, air bersih, listrik dan prasarana, sarana dan utilitas sehingga diharapkan bisa memberikan manfaat yang besar khususnya bagi peningkatan kualitas pendidikan pondok pesantren di wilayah Ketapang ini.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button