Nasional

Satgas Minta Ada Pengawas Prokes di Fasilitas Publik

“Hal ini yang tidak lelah saya ingatkan adalah seluruh lapisan masyarakat wajib untuk menerapkan disiplin protokol kesehatan, terlebih di tengah aktivitas dan mobilitas yang semakin meningkat,” ujarnya.

Di samping itu, ia meminta kepada pengunjung agar jangan ragu untuk saling mengingatkan apabila ada yang tidak disiplin protokol kesehatan. Begitu pula dengan pelaku usaha, jika mereka abai protokol kesehatan maka harus mendapat sanksi tegas dari pemerintah daerah setempat.

“Apabila terdapat aktivitas sosial ekonomi yang mulai berjalan atau diujicobakan namun terbukti menyebabkan kluster atau kenaikan kasus, saya meminta pelaksana dan pemerintah daerah setempat untuk tegas menutup sementara dan mengevaluasi pembukaan aktivitas terkait,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wiku mengatakan kenaikan pergerakan saat periode libur Natal dan tahun baru menjadi tantangan mempertahankan penurunan kasus yang tengah berjalan.

Wiku mengatakan libur Natal dan tahun baru memanglah menjadi salah satu faktor melonjaknya kenaikan kasus. Alasannya, terjadi kenaikan pergerakan masyarakat untuk berlibur dari satu tempat ke tempat lain.
“Kondisi kasus Indonesia yang saat ini sedang berada di titik terendah dan telah menurun selama 15 minggu perlu kita pertahankan agar tidak kembali meningkat pada saat periode Natal dan tahun baru,” ujar Wiku. (mg4)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button