Nasional

Kemenkeu: Lelang SUN Masih Diminati Investor

Tidak hanya itu, ia menambahkan, terdapat penurunan weighted average yield(WAY) yang dimenangkan untuk seluruh seri obligasi negara (ON) sekitar 4-22 bps dibanding dengan yield seri yang sama pada lelang SUN sebelumnya.
“Penurunan yield tertinggi pada obligasi negara tenor 11 tahun. WAY yang dimenangkan pada lelang SUN hari ini juga lebih rendah sekitar 1-9 bps apabila dibandingkan dengan yield pada penutupan perdagangan kemarin,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, ia juga memaparkan kondisi pasar menjelang akhir tahun cukup stabil, meski pelaku pasar masih concern terhadap isu tingkat inflasi AS dan rencana tapering The Fed.

“Namun demikian, masih tingginya likuiditas dalam negeri dan berkurangnya supply SBN di pasar perdana menjadi katalis untuk penguatan yield SBN lebih lanjut,” kata Deni.

Sebelumnya pada lelang SUN teratur pada Selasa, pemerintah meresap dana sebesar Rp8 triliun dari lelang 7 seri SUN di pasar perdana dengan penawaran masuk mencapai Rp69, 53 triliun.

Dengan adanya lelang ini, maka secara keseluruhan jumlah pembiayaan negara yang berasal dari lelang SUN selama Januari-Oktober 2021 mencapai Rp576,74 triliun. (mg4)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button