Nasional

Bea Cukai Ajak Pelajar dan Mahasiswa Pahami Aturan Kepabeanan

Tak hanya itu, sosialisasi tugas dan fungsi Bea Cukai kepada pelajar juga terus digalakkan oleh Bea Cukai Bandung dan Bea Cukai Pekanbaru. Di Bandung, Bea Cukai mengunjungi SMA Badan Perguruan Indonesia I Bandung. Salah satu unit yang diperkenalkan Bea Cukai adalah K-9 atau unit anjing pelacak, yang bertugas mencegah pemasukan narkotika ke Indonesia.

“Melalui kegiatan ini para siswa diharapkan memahami bahwa tugas Bea Cukai bukan hanya mengasistensi industri dalam negeri dan memfasilitasi perdagangan, tetapi kami juga mengemban tugas pengawasan dan melindungi masyarakat dari barang-barang terlarang, seperti narkotika,” ujar Firman.

Hal yang sama terlaksana di Pekanbaru, lanjut Firman, Bea Cukai mengenalkan tugas dan fungsi Bea Cukai kepada para siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Kota Pekanbaru. “Siswa sekolah menengah merupakan salah satu ujung tombak generasi muda penerus yang akan segera melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sehingga sangat penting untuk mengetahui tugas dan fungsi Bea Cukai. Bukan hanya untuk pengembangan karir sebagai aparatur sipil negara, tetapi juga sebagai pengetahuan terkait kewajiban pajak, pembatasan dan larangan barang ilegal, serta fasilitas yang diberikan Bea Cukai untuk memfasilitasi perdagangan dan asistensi industri dalam negeri,” tutupnya. (ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button