Nasional

Terumbu Karang Spesies Penting Bisa Atasi Pemanasan Global. Kok Bisa?

INDOPOSCO.ID – Yayasan Terumbu Karang Indonesia (TERANGI) menyampaikan bahwa terumbu karang menjadi spesies penting dalam mengatasi pemanasan global. “Terumbu karang menjadi spesies penting yang ikut berkontribusi dalam menyerap rantai karbon yang ada di laut. Oleh karena itu, mengapa terumbu karang merupakan faktor penting dalam mengatasi pemanasan global,” ujar Divisi Sains dan Teknologi Yayasan TERANGI, Fakhrurrozi dalam webinar” Terumbu Karang dan Perannya Terhadap Perubahan Iklim” yang diselenggarakan Yayasan EcoNusa di Jakarta, Minggu (24/10/2021).

Ia mengemukakan lautan berperan menangkap karbon dari atmosfer dalam jumlah yang sangat besar. Kemampuan air laut menyerap karbon akan berkurang jika ekosistem laut banyak mengalami kerusakan seperti rusaknya terumbu karang.

“Maka dari itu terumbu karang memiliki manfaat ekologi yang sangat penting buat lingkungan,” tuturnya.

Ia menambahkan jika terumbu karang mengalami kerusakan, secara perlahan- lahan ekosistem laut juga akan terancam kelangsungan hidupnya.

Ia menyebutkan salah satu perannya dalam ekosistem laut, terumbu karang mampu menyediakan habitat bagi biota- biota laut untuk mencari makan hingga berkembang biak.

Selain itu, lanjut dia, dengan struktur tubuhnya yang kompleks dan kokoh, terumbu karang juga mampu melindungi wilayah pantai dan mengurangi dampak erosi dari gelombang laut.

Fakhrurrozi mengatakan kematian terumbu karang akan mengurangi struktur kompleksitas dan keanekaragaman hayati dari sistem terumbu. “Kebergantungan organisme laut pada ekosistem terumbu pun berkurang, sehingga dapat mereduksi guna ekosistem sebagai penghasil makanan, perlindungan pantai hingga sumber pendapatan warga,” katanya.

Dalam kesempatan sama, Tim Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (LPSPL) Serang, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Hendra Nurcahyo mengatakan pemerintah memiliki sembilan strategi untuk mengelola atau menjaga kelestarian ekosistem terumbu karang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button