Nasional

Maman Abdurrahman, Anak Rantau yang Jadi Wakil Rakyat

Meskipun tidak langsung masuk ke partai politik sejak lulus kuliah, namun pengalaman dalam dunia gerakan mahasiswa menjadi bekal penting di dunia politik.

Maman sempat meniti karir profesional di bidang teknik perminyakan. Berpetualang ke berbagai perusahaan. Seiring berjalannya waktu, muncul panggilan hati nurani untuk kembali ke pentas politik

“Lulus (kuliah), rata-rata teman gua lanjut ke partai politik, organisasi. Gua ngga langsung, gua kerja karena tuntutan ekonomi,” cerita Maman.

Pada 2009, ia memutuskan berlabuh ke Partai Golkar. Politisi muda itu dipercaya menjadi wakil rakyat bahkan menduduki peringkat jabatan strategis di Komisi VII DPR.

Komisi VII DPR membidangi energi dan perindustrian. Dengan mitra kerja Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral., Kementerian Perindustrian, Badan Pengakajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Selain itu, Badan Tenaga Nuklir (Batan), Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapetan), Badan Informasi Geospasial, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Lembaga Eikjman dan lainnya.

“Gua punya kebanggan tersendiri di Komisi VII DPR. Bukannya gua mengecilkan komisi lain. Kebetulan karena latar belakang pendidikan bidang perminyakan,” ujar Maman. (dan)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button