Nasional

Kemenag Gelar Pertunjukan Wayang Virtual Peringati Hari Santri

“Pendekatan kebudayaan juga bisa menjadi sarana penguatan kehidupan beragama dan berbangsa di Indonesia agar jauh lebih baik,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani mengatakan pergelaran wayang dalam momentum Hari Santri bermaksud buat melestarikan kebajikan lokal yang dipelopori serta diwariskan oleh Walisongo.

“Sunan Kalijaga menyisipkan pesan moral dan dakwah melalui pertunjukan wayang. Melalui wayang, ia membumikan nilai- nilai agama dalam konteks keindonesiaan,” kata dia seperti dikutip Antara, Rabu (20/10/2021).

Selain pergelaran wayang, rangkaian Hari Santri juga dimeriahkan dengan Sayembara Santri Siaga Jiwa Raga. Dari sayembara ini, tekumpul 1.306 karya, yang terdiri dari lomba VAKSIN (Video Aksi Santri-Kiai Nusantara), Surat Santri untuk Presiden dan Menteri, Santri Sehari Menjadi Menteri, dan Challenge Ucapan Selamat Hari Santri.

Puncak peringatan Hari Santri dilakukan dengan Upacara Bendera pada 22 Oktober 2021, di halaman kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Malamnya, Kemenag menggelar Santriversary Malam Puncak Hari Santri, di Auditorium H. M. Rasjidi, Jalan M. H. Thamrin. (mg1)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button