Nasional

Ungkap Modus Mafia Tanah, Menteri ATR Juga Beri Imbauan Penting

Ia mengingatkan, kepada masyarakat untuk hati-hati ketika hendak menjual properti kepada pihak yang belum dikenal. Karena berpotensi membuka celah bagi sindikat mafia tanah.

“Kalau mau beli jual rumah, kalau tidak punya pengalaman sebaiknya, jangan lakukan sendiri. Kecuali pembelinya dikenal. Karena jangan-jangan itu nanti datang bagian dari mafia tanah,” imbaunya.

Mafia tanah juga mengelabui dengan cara menghadirkan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) palsu. Sehingga bisa menjadi pintu masuk korban menyerahkan dokumen foto copy sertifikat tanah.

“Kemudian, kalau gunakan notaris atau Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). PPAT ini banyak bagian dari mafia tanah. Kita pecat juga kalau ketahuan,” ujar Sofyan.

“Sekarang sudah ada yang kita pecat. Jadi hati-hati masyarakat, kalau nanti mengecek sertifikat tanah itu jangan dilepas pihak ketiga. Karena bisa dipalsukan,” tambahnya.

BPN mencatat terdapat 732 pengaduan dari masyarakat. Dari audit terhadap pengaduan itu, Inspektorat telah menghukum 125 pegawai Kementerian ATR/BPN sebagai bentuk pembinaan. (dan)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button