Nasional

Pakar: Long Covid-19 Perlu Jadi Perhatian

“Tidak dapat diterangkan penyebab keluhannya selain yang mungkin sebagai pasca-Covid-19 ini. Gejala yang biasa timbul adalah rasa lemah atau “fatigue”, sesak napas dan gangguan kognitif yang dapat mengganggu aktivitas sehari- hari,” katanya.

Tjandra mengatakan keluhan yang dirasa pun bervariasi, seperti perih perut, gangguan menstruasi, gangguan penciuman atau pengecap, gelisah, penglihatan kabur, nyeri dada, batuk, depresi, pusing dan demam yang hilang timbul.

Gejala lain dapat juga berupa gangguan saluran cerna, baik diare maupun konstipasi dan “acid reflux”, juga bisa sakit kepala, gangguan memori, nyeri sendi, nyeri otot, neuralgia, bentuk alergi baru, gangguan tidur, berdebar debar dan juga telinga berdenging atau gangguan pendengaran lainnya.

Berita Terkait

“Gejalanya bisa bersifat baru muncul atau langsung muncul sesudah pulih dari keadaan akut serangan Covid-19 dan bisa juga menetap sejak awal sakit Covid-19 sampai beberapa bulan kemudian,” katanya.

Ia mengatakan gejala dan keluhan berat maupun ringan bersifat fluktuasi bahkan dapat kambuh dalam waktu tertentu.

Untuk itu, ia memberi masukan agar rumah sakit dan puskesmas menyediakan klinik pasca Covid-19.” Sekarang tampaknya sudah dimulai di beberapa rumah sakit. Pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 dan masih mengalami berbagai keluhan akan dapat dilayani dengan baik di klinik pasca-Covid-19 ini,” katanya. (mg3)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button