Nasional

OTT Bupati Kuansing, 8 Orang Ditahan

Sekitar 15 menit kemudian Sudarso dan Paino keluar dari rumah pribadi Andi Putra.

“Setelah itu, beberapa saat kemudian tim KPK segera mengamankan SDR, PN,YG dan JG di Kuansing. Setelah memastikan telah ada penyerahan uang kepada Bupati, beberapa saat kemudian tim KPK berupaya turut pula mengamankan AP namun tidak ditemukan sehingga tim KPK melakukan pencarian,” kata Lili.

Lili mengungkapkan, diperoleh Informasi AP berada di Pekanbaru sehingga tim KPK selanjutnya mendatangi rumah pribadi AP di Pekanbaru namun AP tidak berada di tempat sehingga tim KPK meminta pihak keluarga AP untuk menghubungi AP agar kooperatif datang menemui tim KPK yang berada di Polda Riau.

“Setelah itu sekitar pukul 22.45 WIB, AP, HK, AM dan DI mendatangi Polda Riau dan selanjutnya tim KPK meminta keterangan kepada pihak-pihak dimaksud,” ujarnya.

Dalam kegiatan tangkap tangan ini KPK menemukan bukti petunjuk penyerahan uang Rp500 juta, uang tunai dalam bentu rupiah dengan jumlah total Rp80,9 juta , mata uang asing sekitar SGD1.680 dan serta HP Iphone XR.

Lili menegaskan, setelah dilakukan pengumpulan informasi dan berbagai bahan keterangan terkait dugaan tindak pidana korupsi dimaksud, KPK kemudian melakukan penyelidikan sehingga ditemukan adanya bukti permulaan yang cukup, selanjutnya KPK meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan dengan mengumumkan 2 tersangka yakni
Andi Putra (AP), Bupati Kuantan Singingi periode 2021-2026 dan Sudarso (SDR), swasta/General Manager PT. Adimulia Agrolestari. (dam)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button