Nasional

Gubernur BI Fokus Pemulihan Bersama Bagi Seluruh Negara

Perbaikan ke bawah pertumbuhan 2021 memantulkan penurunan pertumbuhan di negara maju karena adanya disrupsi pasokan dan di negara low-income developing karena memburuknya dinamika pandemi.

Sementara itu, proyeksi pertumbuhan akan ditopang oleh menguatnya peluang jangka pendek negara eksportir barang dari kelompok negara berkembang.

Oleh sebab itu dalam kesempatan yang sama, Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo menerangkan pentingnya upaya global untuk menanggulangi pandemi dan meneruskan reformasi struktural.

“Ini guna mendorong pemulihan ekonomi yang lebih resilien, berkelanjutan dan inklusif,” ujarnya.

Tidak hanya itu, menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan serta kenaikan inflasi di negara maju yang berpotensi menimbulkan efek rambatan kepada negara berkembang juga harus dicermati.

Untuk itu, dibutuhkan koordinasi dan komunikasi kebijakan pada tataran global untuk memberikan gambaran yang jelas terhadap kemajuan dan kebijakan yang diimplementasikan.

Terakhir, Dody menyampaikan pentingnya meneruskan upaya bersama dalam meningkatkan kemampuan cross border payment dan meneruskan diskusi mengenai format makrofinansial dan aspek interoperability dari Central Bank Digital Currency.

Indonesia juga menyampaikan dukungan terhadap program IMF guna membantu negara miskin dan rentan dalam menanggulangi pandemi dan menanggulangi permasalahan ekonomi yang dialami. (mg4)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button