Nasional

Tutup Ruang Pelecehan Seksual bagi Pekerja Perempuan

INDOPOSCO.ID – Pemberdayakan pekerja perempuan menjadi komitmen Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Termasuk di dalamnya perlindungan dan memberikan rasa aman dalam pemenuhan hak-haknya.

“Kami terus mendorong pengurus Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) perempuan, agar sering melakukan dialog sosial dengan manajemen perusahaan, terkait pentingnya membangun budaya zero tolerance for harassment. Hal ini untuk mewujudkan kenyamanan bekerja bagi perempuan,” ujar Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi dalam keterangan, Rabu (13/10/2021).

Ia menjelaskan, dialog sosial memberikan manfaat bagi inklusivitas pekerja perempuan di dunia kerja. Bentuk kekerasan atau pelecehan seksual secara verbal atau nonverbal, menurutnya, tidak boleh menimpa pekerja perempuan.

“Inisiasi dialog sosial dengan manajemen perusahaan harus datang dari perempuan, karena perempuan lebih memiliki kepekaan daripada laki-laki,” katanya.

Menurut Anwar, perempuan harus proaktif melakukan dialog untuk melakukan sosialisasi ke kalangan pekerja dan perusahaan melalui forum. Hal ini untuk mencegah terjadinya kekerasan dan pelecehan terhadap pekerja perempuan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button