Nasional

Kemenhub Siagakan Kapal Isolasi dan Bandara Jelang Penutupan PON XX

KM Tidar memiliki kapasitas 929 bed (873 tempat tidur untuk pasien dan 56 tempat tidur untuk nakes), sedangkan KM Sirimau dengan kapasitas 460 tempat tidur (449 tempat tidur untuk pasien dan 11 tempat tidur untuk nakes).

Saat ini, pasien isoter di KM Tidar terisi sebanyak total 15 orang, terdiri 14 orang dari klaster PON dan 1 (satu) orang dari klaster umum.

“Keberadaan kedua kapal isoter ini diharapkan dapat membantu pengendalian penyebaran Covid-19 di Papua,” tutur Menhub.

Menhub menambahkan kapal isoter ini dapat menjadi alternatif ruang isolasi bagi para pasien Covid-19 tanpa gejala, sehingga mempercepat kesembuhan dibandingkan dengan melakukan isolasi mandiri di rumah. Selain itu dengan isolasi di kapal, diharapkan dapat membatasi ruang gerak penyebaran Covid karena mobilitas pasien hanya dilakukan di atas kapal.

Ia mengatakan Kemenhub juga telah menyiapkan 4 bandara serta telah berkoordinasi dengan operator maskapai, guna memfasilitasi kepulangan para atlet dan tim official dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Pemulangan atlet-atlet PON melalui bandara telah kita pastikan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat baik oleh pihak bandara maupun maskapai. Kita juga telah mengimplementasikan aplikasi Peduli Lindungi dan memastikan semua yang berangkat sudah melakukan vaksin dan tes PCR,” ujar Budi. (mg3)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button