Nasional

Kemnaker: Pengantar Kerja Berperan Sukseskan Sembilan Lompatan Besar

INDOPOSCO.ID – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus memperkuat peran pejabat fungsional pengantar kerja dan menegaskan peran pentingnya menyukseskan sembilan lompatan besar Kemnaker, terutama terkait penempatan tenaga kerja.

“Pejabat fungsional pengantar kerja merupakan ujung tombak pelayanan penempatan tenaga kerja dalam mempertemukan pencari kerja dan pemberi kerja dan memiliki peran penting dalam menyukseskan sembilan lompatan besar Kemnaker,” ujar Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker Suhartono dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Minggu (10/10), seperti dikutip Antara.

Lompatan besar untuk penempatan tenaga kerja sendiri terkait dengan ekosistem digital SIAPKerja, link and match ketenagakerjaan, pengembangan talenta muda, transformasi kewirausahaan dan perluasan penempatan pekerja migran Indonesia.

Suhartono menegaskan sebagaimana arahan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, sebagai sektor pemimpin atau leading sector pembangunan di bidang ketenagakerjaan, pihaknya terus berupaya menjadi bagian dari perubahan dalam rangka mendorong akselerasi transformasi digital di lingkungan Kemnaker guna menghadapi tantangan ketenagakerjaan.

Akselerasi itu, menurut dia, diwujudkan dengan sembilan lompatan besar Kemnaker.

“Sembilan lompatan besar Kemnaker tersebut meliputi reformasi birokrasi, ekosistem digital SIAPKerja, transformasi balai latihan kerja, link and match ketenagakerjaan, pengembangan talenta muda, transformasi kewirausahaan, visi baru hubungan industrial, perluasan penempatan pekerja migran Indonesia dan reformasi pengawasan,” katanya.

Saat ini, ujar dia, jumlah pejabat fungsional pengantar kerja di seluruh Indonesia sebanyak 668 orang, terdiri dari 175 orang pejabat fungsional pengantar kerja di Kemnaker, 178 orang di BP2MI, 122 orang di dinas ketenagakerjaan (disnaker) provinsi dan 193 di disnaker kabupaten/kota.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button