Nasional

Hari Ini Peringatan Kesehatan Mental Sedunia. Apa Momentumnya?

INDOPOSCO.ID – Hari Kesehatan Mental Sedunia yang dirayakan pada hari ini, 10 Oktober adalah momentum untuk meningkatkan kesetaraan akan akses kesehatan jiwa di Indonesia.

“Keseteraan akses kesehatan jiwa saat ini di Indonesia rasanya belum cukup imbang. Saat pakai kacamata di kota- kota besar, ya sudah meluas, siapapun bisa mengakses (dari layanan umum masyarakat terdekat seperti puskesmas, rumah sakit, sampai lembaga swasta, red),” kata Psikolog klinis lulusan Universitas Gadjah Mada, Zahrah Nabila MPsi, Minggu (10/10/2021).

Namun ketika menilik ke kota-kota kecil, Zahra menilai akses ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan layanan psikologi masih jauh dari pemukiman penduduk.

“Layanan psikologi di puskesmas juga belum merata sepenuhnya di provinsi Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, meskipun kini telah terdapat layanan konsultasi daring (online) yang mempermudah semua orang untuk mengakses layanan kesehatan mental di mana saja, masih ada sejumlah masalah yang jadi kendala untuk masyarakat kota kecil mengakses layanan kesehatan mental.

“Tapi lagi-lagi ada kendala bahwa tidak semuanya oke untuk mengakses sinyal dan smartphone yang memadai,” kata wanita yang berpraktik di Amazing Point of Balance itu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button