Nasional

Dua Siklon Tropis akan Berdampak ke Indonesia

Siklon tropis Kompasu bergerak ke arah timur menghindari wilayah Indonesia dan diprakirakan intensitasnya juga hendak bertambah dalm 24 jam ke depan. Tidak hanya itu, siklon itu berakibat pada gelombang laut dengan ketinggian 2,5- 4,0 meter di Laut Natuna Utara, Laut Natuna, Laut Sulawesi, dan Samudra Pasifik utara Halmahera.

Kemudian gelombang laut dengan ketinggian 1,25 – 2,5 meter dapat terjadi di Perairan Kep. Anambas, Laut Natuna Utara, Perairan Kep.Natuna, Perairan Kalimantan Utara, Selat Makassar, Perairan Kep. Sangihe – Kep. Talaud, Perairan Bitung – Kep. Sitaro, Perairan utara dan selatan Sulawesi Utara, Laut Maluku, Perairan Kep. Halmahera, Laut Halmahera, dan Samudra Pasifik utara Papua Barat hingga Papua.

“Selain dampak tidak langsung dari kedua siklon tropis tersebut, cuaca di wilayah Indonesia juga dipengaruhi oleh kondisi atmosfer yang cukup basah dan tingkat konvektivitas yang tinggi,” ujar dia.

Akibat kondisi ini, potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir/angin kencang pada periode 09-15 Oktober 2021 masih dapat terjadi di wilayah provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Barat ,Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan.

Selain itu, juga terjadi di Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah,Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua. (mg4)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button