Nasional

Biaya Bangun Ibukota Baru Bisa Berlipat-lipat

INDOPOSCO.ID – Anggota Komisi V DPR RI, Suryadi Jaya Purnama, mengingatkan bahwa angka yang diperkirakan dalam rangka membangun Ibu Kota Negara (IKN) yang baru berpotensi untuk melonjak berkali-kali lipat dari prediksi awal.

“Angka Rp490 triliun barulah hitungan kebutuhan pemerintah, namun dalam realisasinya bisa menjadi 2-3 kali lipat. Contohnya dalam proyek kereta cepat Bandung-Jakarta yang pada perhitungan awalnya hanya Rp60 triliun namun kini realisasinya mencapai lebih dari Rp100 triliun,” ujar Suryadi Jaya Purnama dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Terlebih, Suryadi bertukar pandang bahwa Rancangan Undang- Undang IKN tersebut ditatap oleh Suryadi bukan sebagai agenda mendesak, paling utama di tengah situasi perekonomian Indonesia yang belum stabil akibat pandemi COVID- 19.

Dalam ulasan dalam penguasa, pemerataan pembangunan jadi salah satu alibi untuk memindahkan ibu kota, tetapi Suryadi melaporkan bahwa dokumen akademik tersebut tersebut sepatutnya bisa dipelajari terlebih dulu oleh publik.
“Semua masyarakat tentu ingin mengetahui apa permasalahan di Jakarta?” ucapnya.

Ia melaporkan bahwa Bagian PKS pula sudah melaksanakan amatan dan pendalaman terpaut rumor tersebut dan belum memandang terdapatnya prioritas dan kebutuhan untuk memindahkan ibu kota, ditambah dengan biaya anggaran yang tidak sedikit.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button