Nasional

Simluhtan Dongkrak Daya Saing Petani

Dipaparkan Dedi, semua program diawali dari CPCL yang ada di Simluhtan. Sebagai media untuk monitoring keberadaan petani dan penyuluh dan program utama Kementerian Pertanian.

“Tapi saat ini masih saja ada petani yang belum masuk dalam simluhtan,” tegas Dedi.

Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Ekowati mengatakan sektor pertanian adalah sektor yang tidak banyak terdampak di masa covid, karena pangan adalah kebutuhan utama hidup manusia. Walaupun pertumbuhan ekonomi negatif, namun pertanian tetap tumbuh baik itu ekspor ataupun produksinya.

”Gubernur Sumatera Selatan sangat memperhatikan sektor pertanian karena merupakan tumpuan kehidupan,” ujar Ekowati.

Secara terperinci Ekowati mengatakan Bahwa Sumatera Selatan (Sumsel) mempunyai target yaitu 1 (satu) desa 1 (satu) penyuluh. Pada Tahun 2021 di Sumsel sudah ada 3.351 orang pendamping pertanian yang terdiri dari 1.553 penyuluh yang didanai APBN, 1.400 didanai APBD Sumsel dan saat ini kabupaten/kota menyiapkan dari dana APBD 398 orang.

“Saat ini jumlah petani di BPS di atas 1 juta, dan yang sudah terdata di Simluhtan 752.053 orang,” jelas dia.

Ekowati menjelaskan saat ini sudah ada peningkatan agar petani bisa masuk Simluhtan. Dia menargetkan minimal 90% petani sudah masuk dalam Simluhtan. Saat ini Sumsel ada trobosan baru yaitu gerakan Sumsel mandiri pangan dengan skala mikro dan skala di rumah tangga.

“Masyarakat harus bisa merubah mindset dari pembeli menjadi penghasil dan menjadi penjual. Diharapkan akan dilakukan di seluruh desa di Sumsel.

“Tetaplah berjuang untuk pertanian karena kita yang memenuhi kebutuhan pangan di seluruh indonesia,” pungkas Ekowati.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan di Sumatera Selatan pada 30 September hingga 2 Oktober 2021. Peserta pertemuan berasal dari Dinas Tanaman pangan Hortikultura Propinsi Sumatera Selatan, Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura propinsi Lampung, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternak Propinsi Jambi serta Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Propinsi Bengkulu. (arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button