Nasional

Seminar Nasional 20 tahun GPMB: Merawat Kebhinnekaan dalam Bingkai Literasi Budaya

Kebisaan dan kebiasaan membaca lebih lanjut bisa meningkatkan kemampuan membaca. Membaca tidak sekadar yang tersurat tetapi juga membaca yang tersirat. Tingkat literasi yang tinggi ditandai dengan memahami teks secara analitis, kritis dan reflektif. Pemahaman dan penerapannya dalam kehidupan, akan membawa Indonesia Maju.

Pembicara berbagai topik tersebut pada hari pertama Selasa, 5 Oktober 2021 sebagai berikut. Pertama, prolog oleh Ketua Umum GPMB, Dr. Tjahjo Suprajogo, M.Si, Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa-Putra M.A., M.Phil, Dir. Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan: Dr. Restu Gunawan, MHUm, Dr. Firman Hadiansyah, M.Hum, dan moderator pegiat literasi dari Jawa Barat Maman Suherman.

Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca (PAPPBB) Perpusnas RI Dr. Adin Bondar, M.Si dalam sambutan pembukanya di hari kedua menyampaikan adanya isu disrupsi teknologi yag dipercepat karena pandemi Covid19.

Adin menengarai adanya gejala aliterasi di masyarakat, yaitu sifat makin abai dan acuh dengan lingkungan akibat penggunaan gadget yang makin tinggi selama pandemi. Oleh karena itu, lanjut Adin, GPMB diharapkan menjadi antitesis dari kondisi tersebut dengan berbagai programnya yang bertujuan untuk membentuk masyarakat cerdas, kreatif, dan sejahtera.

Pembicara pada hari kedua, Rabu, 6 Oktober 2021 antara lain Sofie Dewayani, PhD, Prof. Dr. Drs. Boerhan Nurgiyantoro, M.Pd., Pendiri Kampung Dongeng Awam Prakoso: Pentingnya Dongeng Untuk Tumbuh Kembang Minat, Kegemaran dan Budaya Baca Anak. Rahmadiyanti Rusdi, S.Sn: Pendidikan Karakter Melalui Buku Cerita Anak. Dr. Dirgantara Wicaksono,Ch, CHt, S. Pd,MM, M.Pd: Instrumen Kualitatif Tidak Boleh Mereduksi Makna Literasi Masyarakat, dan ditutup oleh Ketua Umum GPMB, Dr. Tjahjo Suprajogo, M.Si dengan moderator pegiat literasi dari Jawa Timur Agustina Dewi Puspita, S.Pd.

Selama 2 hari pelaksanaan, Seminar Nasional GPMB ini dihadiri oleh 2000 lebih peserta melalui zoom dan 2000 lebih dari Youtube Perpustakaan Nasional dan Youtube GPMB. Peserta berasal dari berbagai kalangan antara lain guru/pendidik, dosen/akademisi, pustakawan, peneliti, mahasiswa, pelajar, praktisi, pegiat literasi dan masyarakat luas. (ibs)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button