Nasional

Kronologi Lengkap Tumbangnya Layanan Facebook, WhatsApp dan Instagram

INDOPOSCO.ID – Layanan Facebook, WhatsApp dan Instagram sudah kembali normal setelah sempat tumbang selama berjam-jam pada Selasa (5/10) lalu.

Meski pun layanan sudah normal, padamnya WhatsApp, sebagai aplikasi pesan instan yang paling populer di Indonesia, menyisakan keingintahuan apa yang menyebabkan perusahaan sebesar Facebook bisa mengalami gangguan seperti kemarin.

Wakil direktur infrastruktur di Facebook, Santosh Janardhan, membagikan masalah apa yang membuat produk Facebook mati total kemarin.

“Pemadaman ini dipicu sistem yang mengatur kapasitas jaringan tulang punggung global kami,” kata Santosh, melalui tulisan di blog resmi Facebook dikutip Rabu (6/10), seperti dikutip dari Antara.

Tulang punggung yang dimaksud adalah jaringan yang dibangun Facebook untuk menghubungkan semua fasilitas komputasi. Jaringan tulang punggung ini berupa kabel serat optik sepanjang puluhan ribu mil yang menghubungkan semua pusat data (data center) milik Facebook.

Lalu lintas data antarfasilitas komputasi ini diatur oleh router.

Secara berkala, Facebook mengadakan perawatan infrastruktur, seperti memperbaiki kabel yang rusak dan memperbarui perangkat lunak di router.

Saat perawatan infrastruktur kemarin, Facebook bermaksud memasukkan perintah (command) untuk memeriksa ketersediaan kapasitas tulang punggung. Tapi, perintah tersebut justru memutus pusat data mereka.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button