Nasional

Indonesia Terus Kembangkan Kerja Sama Pendidikan Antarnegara ASEAN

Rangkaian Pertemuan ASEAN on Education

Pertemuan pertama dalam rangkaian pertemuan ASEAN on Education adalah Senior Officials Meeting on Education yang ke-16 (16th SOM-ED), yang dihadiri oleh seluruh Senior Official Kementerian Pendidikan 10 negara anggota ASEAN.

Dalam pertemuan tersebut, dibahas berbagai macam hal salah satunya mengenai implementasi Work Plan on Education 2021-2021. ASEAN Work Plan merupakan dokumen yang disusun berdasarkan kondisi pendidikan di Asia Tenggara, untuk selanjutnya setiap negara anggota ASEAN berkomitmen untuk mengimplementasikan kegiatan yang ada di dalamnya sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Asia Tenggara.

Selain itu, dalam forum tersebut juga ditunjukkan bagaimana respons pemerintah dalam melaksanakan pendidikan di tengah pandemi Covid-19. Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI), Saryadi, selaku Kepala Delegasi Indonesia, menyebutkan beberapa hal yang telah dilakukan kementerian. Ia memperlihatkan video terkait peningkatan kapasitas guru dalam masa pandemi. Video tersebut dapat diakses melalui link: https://drive.google.com/file/d/1upO5HHKN4eTWcMfY6PsjuPrHrYUAjocZ/view

Pertemuan kedua, the eleventh ASEAN Plus Three Senior Officials Meeting on Education (11th APT SOM-ED), dihadiri oleh Senior Official Kementerian Pendidikan 10 Negara anggota ditambah dengan 3 negara diluar ASEAN yaitu Jepang, Korea, dan China. 11th APT SOM-ED dilaksanakan dari pagi hingga siang hari, untuk selanjutnya dilanjutkan dengan pertemuan the Sixth East Asian Summit Senior Officials Meeting on Education (6th EAS SOM-ED) pada siang hingga sore harinya.

Dalam forum ini, Direktur Saryadi memberikan perkembangan terkini terkait APT Seminar on East ASEAN Studies at major Universities dan APT Student Camp. “Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2022 secara blended,” ujarnya. (adv)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button