Nasional

BRIN Temukan 27 Spesies Baru dalam Ekspedisi SJADES

Prof Richer de Forges telah memimpin puluhan kapal pesiar dan berpartisipasi dalam ratusan ekspedisi laut dalam selama 40 tahun terakhir di seluruh Indo-Pasifik. Pengalaman serta keahliannya sangat berguna selama pelayaran.

Sedangkan Prof Chan dan timnya telah menjadi bagian dari banyak ekspedisi Prancis selama satu dekade terakhir.

Prof Chan juga merupakan salah satu ahli biologi utama Taiwan untuk program laut dalam.

Dalam ekspedisi itu, Indonesia melibatkan satu orang ahli geologi untuk membantu pemetaan, serta satu perwakilan dari Tentara Nasional Indonesia( TNI) Angkatan Laut untuk mendukung keamanan selama Ekspedisi berlangsung.

Hasil ekspedisi SJADES telah dipublikasikan dalam Journal Raffles Bulletin of Zoology Supplement No. 36 yang terbit pada 6 Agustus 2021.

Jurnal itu dapat diakses melalui tautan https://lkcnhm.nus.edu.sg/publications/raffles-bulletin-of-zoology/supplements/supplement-no-36/.

Pada 2021, dirilis publikasi untuk Annelida (Polychaeta) (1 taxon)–cacing; Mollusca (Bivalvia) (1 taxon)-kerang; Crustacea (Isopoda) (1 taxon) kecoak laut; Crustasea-Kelomang (2 taxa); Crustacea- kepiting( 8 taxa); dan Crustacea (Tanaidacea) (3 taxa) krustasea.

Sebelumnya di pada 2019- 2020 publikasi yang terbit terkait Pisces (2 taxa)-ikan; Echinodermata (Asteroidea)(2 taxa)-bintang Laut; udang/lobster; Crustacea (Isopoda) (1 taxa) Kecoak laut; dan kepiting. (mg1)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button