Nasional

Kementerian ATR/BPN Luncurkan Layanan Loketku dan Aplikasi Informasi Publik

INDOPOSCO.ID – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus melanjutkan inovasinya dalam pelayanan digital pertanahan demi meningkatkan kualitas pelayanan publik serta memberikan kemudahan pelayanan secara mandiri bagi masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, Kementerian ATR/BPN meluncurkan fitur Loketku dan Aplikasi Layanan Informasi Publik secara daring dan luring pada Jumat (24/09/2021) bertempat di Aula Prona Kementerian ATR/BPN.

Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil berterima kasih kepada semua pihak yang turut berkontribusi dalam terwujudnya layanan Loketku dan Aplikasi Layanan Informasi Publik, sehingga inovasi ini dapat selesai dan siap digunakan untuk publik. “Tentunya kita akan terus perbaiki apa yang kurang agar kualitas layanan semakin baik,” jelasnya.

Sofyan A. Djalil menceritakan pengalamannya ketika melakukan kunjungan ke salah satu Kantor Pertanahan di Kota Pekanbaru. Ia menemukan bahwa antrean nampak sepi meski di hari biasa atau jam kerja yang biasanya cenderung sibuk. “Saya tanya, kok tidak ada orang? Ternyata sudah ada daftarnya mana saja antreannya dan harus ke loket mana saja. Itu sebuah kemajuan yang luar biasa dalam hal pelayanan publik. Layanan Loketku ini artinya di BPN itu tidak ada lagi orang antre begitu banyak. Ini salah satu dari akibat Covid-19 yang mendorong kita untuk melakukan perbaikan,” terang Menteri ATR/Kepala BPN.

Terkait Layanan Informasi Publik, Sofyan A. Djalil berkata bahwa hal ini teramat penting mengingat Undang-Undang Kebebasan Memperoleh Informasi (UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik-RED) mewajibkan badan publik berkomunikasi dengan masyarakat untuk menjelaskan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. “Saya pikir sudah menjadi tugas kita untuk melayani secara profesional, agar menuju kantor pertanahan yang profesional, melayani dan terpercaya. Terpercaya ini yang menjadi tantangan dan komitmen bersama,” jelas Sofyan A. Djalil.

“Terima kasih kepada semua yang terlibat sehingga program ini bisa dilaksanakan. Selamat atas pelayanan kita yang semakin baik, saya sangat mengapresiasi, memberikan kebanggaan untuk negeri kita yang kita cintai,” tutur Menteri ATR/Kepala BPN.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button