Nasional

871.650 Dosis Vaksin Pfizer dari AS Tiba di Indonesia

Komitmen tersebut menambah jumlah vaksin yang disumbangkan oleh AS menjadi lebih dari 1,1 miliiar dosis.

Hingga saat ini, AS telah mengirimkan nyaris 160 juta dosis vaksin Covid-19 ke 100 negara secara gratis dan tanpa ketentuan dengan pengiriman jutaan dosis tiap harinya.

“Kita harus bersatu di seluruh dunia dengan beberapa prinsip: bahwa kita berkomitmen untuk menyumbang, bukan menjual dosis-dosis vaksin ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah, dan bahwa sumbangan itu tanpa syarat politik,” ujar Biden.

Biden juga menerangkan dukungan AS pada COVAX, sebagai distributor utama untuk memberi vaksin yang disetujui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS berencana untuk memberikan tambahan 370 juta dolar (sekira Rp5,3 triliun) untuk kesiapan dan kapasitas vaksin global untuk disuntikkan kepada banyak orang di tempat-tempat yang paling membutuhkan.

Lembaga keuangan milik pemerintah AS, US International Development Finance Corporation (DFC) akan memberikan lebih dari 383 juta dolar (sekira Rp5,5 triliun) berupa asuransi resiko politik kepada Aliansi Vaksin Gavi untuk menyediakan pengiriman vaksin ke sembilan negara di tiga benua, serta memesatkan pengiriman vaksin ke wilayah yang paling membutuhkan. (mg4)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button