Nasional

Tingkatkan Pengawasan, Bea Cukai Perkuat Sinergi Positif

Di Jawa Timur, Bea Cukai Kediri turut hadir dalam rangkaian sosialisasi Kebijakan Penanaman Modal, Sosialisasi Kemitraan Berusaha, Online Single Submission (OSS) dan Workshop Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kediri, (16/09).

Dalam kesempatannya, Bea Cukai Kediri menyampaikan terkait fasilitas-fasilitas fiskal yang telah diberikan oleh Bea Cukai secara nasional meliputi kawasan berikat, KITE, kawasan ekonomi khusus, serta fasilitas lainnya. Selain itu, juga disampaikan terkait upaya yang bersifat internal maupun sinergi antar instansi yang dilakukan Bea Cukai Kediri dalam mendorong kegiatan ekspor di Lingkar Wilis.

“Bea Cukai Kediri telah mengadakan dialog bersama Atase Perdagangan dan Keuangan Indonesia di Singapura guna mencari market pasar luar negeri, kemudian melakukan dialog bersama BPS Jawa Timur, Biro Perekonomian Pemprov Jatim, perwakilan akademisi UNISKA, serta perwakilan pengusaha porang dalam upaya menggali potensi ekonomi Lingkar Wilis. Selain itu upaya lain seperti sosialisasi fasilitas KITE IKM, membangun Klinik Ekspor, serta telah mengembangkan Aplikasi SIAPBECIK untuk pengusaha Kawasan Berikat dan KITE,” jelas Firman.

Sementara dalam meningkatkan fungsi pengawasan, Kanwil Bea Cukai Sulbagsel mengunjungi Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar. Kunjungan ini dilakukan mengingat tugas dan fungsi Bea Cukai dan BPOM banyak beririsan, utamanya dalam hal pencegahan peredaran barang ilegal di masyarakat seperti obat-obat tradisional, kosmetik, ataupun produk komplemen dan makanan yang belum memiliki persetujuan untuk dapat diedarkan.

Friman mengatakan bahwa sinergi, koordinasi, dan kolaborasi sangat dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan di era seperti ini. “Dengan kita bersinergi, informasi dan tenaga bisa datang dari mana saja, sehingga upaya untuk melindungi masyarakat bisa lebih maksimal,” pungkasnya. (ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button