Nasional

Bea Cukai Fasilitasi Impor Vaksin dan Alkes di Jatim dan Jakarta

Janji layanan rush handling untuk vaksin adalah dua jam sejak permohonan diterima. Beberapa hari sebelumnya, telah dilakukan koordinasi antar pihak terkait untuk memperlancar importasi vaksin. Bea Cukai Juanda juga memberikan fasilitas fiskal berupa pembebasan bea masuk dan PDRI sesuai PMK Nomor 188/PMK.04/2020.

Firman menambahkan, Bea Cukai Juanda, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Surabaya, dan Dinas Kesehatan Jawa Timur secara langsung meninjau kegiatan proses pengawasan dan pemeriksaan vaksin Pfizer ini. Vaksin tiba pukul 14.00 WIB dengan dikemas dalam enam palet dan diangkut menggunakan maskapai penerbangan My Indo. Selanjutnya vaksin dibawa ke Kantor Dinas Kesehatan Jawa Timur dengan pengawalan TNI dan Polri.

Pemberian fasilitas serupa juga dilakukan Bea Cukai Jakarta terhadap importasi bantuan alat kesehatan yang terdiri dari 330 karton oxygen concentrator dan 112 karton pakaian APD dari Pemerintah Malaysia yang mendarat di Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma.

“Bea Cukai berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan maupun pengawasan dalam rangka melaksanakan tugas sekaligus mendukung program percepatan penanganan pandemi Covid-19 demi mewujudkan Indonesia pulih,” pungkas Firman. (ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button