Nasional

Presiden Pariwisata Dunia Terpukau Baju Adat Gorontalo

“Program tersebut menyasar kepada 34 juta masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sektor pariwisata serta ekonomi kreatif,” tutur Sandiaga.

Pada 2020, kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia tercatat sebanyak 4,05 juta kunjungan mengalami penurunan sebesar 74,84 persen dibandingkan tahun 2019 yang berjumlah 16,1 juta kunjungan.

Pemerintah menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara pada 2021 bisa mencapai 4 juta pergerakan dengan nilai devisa sebesar 4,8 miliar dolar AS serta ekspor ekonomi kreatif menjadi 17,45 milar dolar AS.

Sementara itu, jumlah wisatawan domestik pada tahun ini ditargetkan dapat mencapai 180 juta pergerakan mengingat masih banyak larangan serta aturan berpergian selama pandemi Covid-19.

Lebih lanjut Menteri Sandiaga menerangkan bahwa Indonesia membuka kembali destinasi wisata untuk wisatawan mancanegara secara bertahap.

Pembukaan pariwisata Indonesia akan bergantung beberapa prasyarat, yaitu pandemi Covid-19 yang dapat dikendalikan yang berarti destinasi harus berada dalam risiko penularan yang rendah serta fasilitas kesehatan yang memadai tersedia.

Persiapan pembukaan pariwisata Indonesia juga disebut mengharuskan percepatan vaksinasi, memastikan kesiapan pelaku usaha serta seluruh masyarakat dalam menjaga penerapan prokes yang ketat serta disiplin, dan kesiapan industri pariwisata untuk menerapkan protokol CHSE yang dilengkapi dengan PeduliLindungi. (mg2)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button